Tuesday, April 4, 2017

Mengatasi Wifi Tanda Silang Merah


Wifi merupakan salah satu fitur yang pada saat ini banyak sekali digunakan. Bisa diartikan sebagai "No Wifi No Life" seperti itu hehe. Kita dapat menemukan wifi dengan begitu mudah karena saat ini sudah banyak di berbagai tempat bahkan di jalan pun kita bisa mendapatkan wifi. Akan tetapi bagaimana jika kita tidak bisa terhubung dengan wifi tersebut? Apa masalahnya? Nah Saya punya tips nih untuk mengatasi wifi yang tidak bisa terkoneksi alias ada tanda silangnya di bagian wifinya.

Setelah survey di berbagai tempat, saya menemukan berbagai tips untuk mengatasi masalah tersbeut dan Saya rangkai seperti berikut ini :

1. Driver Wifi Belum Terpasang (Kemungkinan Besar)

Dalam mengkoneksi sebuah wifi, kita perlu mendapatkan sebuah driver. Bisa di misalkan kita harus memiliki sebuah alat agar kita bisa terhubung dengan wifi tersebut. Saya sangat yakin bahwa Driver wifi yang Anda gunakan sudah ada akan tetapi kita belum 100% menginstalnya, dan ini biasanya terjadi sesudah install ulang Sistem Operasi (OS). Oleh karena itu kita harus menginstall driver tersebut agar kita bisa terkoneksi dengan wifi. Cara mengetahui driver yang sudah terpasang atau belum cukup pergi ke device manager dengan cara:

1. Tekan tombol Windows + R lalu ketik  mmc devmgmt.msc
2. Jika driver belum terpasang maka akan ada sebuah tanda tanya atau segita warna kuning. Lalu untuk cara memasang driver kalian bisa mendownload driver-nya dengan sesuai merk komputer atau laptop tersebut. Agar lebih mudahnya Saya menyarankan untuk menggunakan Driver Pack Solution .

2. Ada Jaringan Wifi yang Terbuka

Kita dapat mudah mengenali adanya wifi di sekitar kita, jika bagian wifi tdi bagian pojok kanan muncul bintang di atasnya maka ada wifi. Selalu perhatikan bahwa disekitar kalian ada jaringan wifi yang terbuka dan siap untuk dipakai. Karena jika tidak ada sama sekali maka tanda silang merah akan muncul.

3. Wifi Laptop Dalam Keadaan On / Menyala

Perhatikan juga bahwa wifi komputer atau laptop kalian dalam keadaan menyala, karena jika tidak maka tanda silang merah akan muncul. Pada beberapa varian laptop, cara mengaktifkan wifi cukup menekan tombol yang ada di keyboard namun kadangkala hal itu tidak bisa di praktekan. Cara untuk menyalakan atau mengaktifkan wifi cukup pergi ke Windows Mobility Center dengan cara:

1. Windows 7: Tekan tombol Windows + X lalu pilih Turn Wireless On
2. Windows 8: Tekan tombol Windows + X lalu pilih Mobility Center, pilihTurn Wireless On

4. Driver Wifi Disable

Ini juga merupakan hal yang bisa mengakibatkan munculnya tanda silang wifi, yaitu driver wifi dalam keadaan disable (tidak aktif). Kalau menurut saya pribadi hal ini terjadi karena kelalaian atau memang kalian sedang dijahili oleh seseorang karena masalah ini hehe. Setau saya hanya bisa dilakukakn secara manual. Cara melihat apakah driver sedang ter-disable, kalian bisa pergi ke device manager. Lalu lihat apakah ada sesuatu yang tampak berbeda? Biasanya ada lingkaran dengan tanda panah warna hitam yang mengarah ke bawah. Jika kalian menemukannya, itu tandanya driver kalian sedang tidak aktif, kalian cukup mengklik kanan dan klik tulisan "enable".

5. Gagal Update Windows

Jika beberapa cara di atas tetap tidak membuahkan hasil, mungkin yang satu ini adalah penyebab munculnya tanda silang wifi. Secara berkala jika Windows Update Anda tidak dimatikan alias tetap aktif secara rutin sistem operasi Windows akan melakukan update dan hal itu dilakukan saat proses Shutdown atau Restart. Ketika OS sedang melakukan update kita dianjurkan untuk tidak mematikan laptop karena hal itu bisa berakibat buruk, salah satunya ya masalah wifi ini.

Itulah Tips mengatasi Wifi muncul simbol silang, tapi perlu di perhatikan, jika beberapa hal diatas sudah dilakukan namun tidak ada perubahan sebaiknya Anda memberikan solusi kepada yang lebih ahli (service) ada kemungkinan besar Driver Wifi sudah rusak atapun sudah rapuh.
Load disqus comments

0 comments